Kesehatan

5 Makanan ini baik buat kamu yang sering duduk berjam-jam

Berapa lama sih kamu duduk dalam sehari? Lebih dari dua jam? atau bahkan sampai berjam-jam?

Jika kamu seorang pekerja kantoran yang menghabiskan waktu kerja dengan duduk lebih dari delapan jam di depan layar komputer, kebiasaan ini ternyata bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang memiliki efek buruk bagi kesehatan kamu untuk jangka panjang lho.

Untuk mengurangi efek buruk tersebut ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, seperti melakukan beberapa gerakan stretching agar aliran darahmu lebih lancar dan mengurangi rasa pegal di tubuh.

Kamu juga bisa mengalihkan pandanganmu dari layar komputer setiap 20 menit sekali agar matamu tidak terlalu lama terpapar sinar biru layar komputer atau yang paling mudah adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Tapi selain ketiga hal tersebut kamu juga bisa mengurangi efek buruk dari duduk terlalu lama dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat lho. Tentunya makanan sehat ini sangat baik bagi tubuh dan kesehatan kamu.

Nah berikut 5 makanan yang baik buat kamu yang sering duduk berjam-jam seperti dilansir Duniabola99 dari pergikuliner.com, Senin (10/2).

1. Buah berry

foto: greenblender.com

Buah-buahan berry seperti bluberry, blackberry dan raspberry yang kaya kan vitamin C sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan. Selain itu buah-buahan jenis ini juga bisa mengurangi pegal-pegal akibat duduk berjam-jam lho.

Disarankan lebih baik mengonsumsi buah berry dengan warna yang agak gelap seperti blueberry atau blackberry karena memiliki antosianin yang lebih tinggi dibanding dnegan buah berry lainnya.

2. Kacang-kacangan

foto: bodybuilding.com

Coba ganti camilan keripik kentangmu dengan kacang-kacangan yuk! Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi pada kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan pistachio mampu membuat kulitmu tidak kering.

Selain itu, kacang-kacangan juga bisa melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Pilih kacang yang diolah dengan dipanggang atau disangrai ya..

3. Ikan kaya lemak

foto: foodnetwork.com

Daging ikan memang dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding daging ayam ataupun sapi. Ikan mengandung lemak trans, omega-3 dan omega-6 yang baik untuk anti peradangan. Mengonsumsi ikan seperti ikan salmon dan tuna sangat baik untuk tubuh dan kesehatanmu.

4. Flaxseeds

foto: healthline.com

Biji-bijian yang satu ini memang belum terlalu terkenal di Indonesia, namun biji-bijian ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam flaxseeds sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Flaxseeds bisa kamu temukan dalam santapan salad buah yang dicampur dengan yoghurt.

5. Teh hijau

foto: sciencedaily.com

Meski bukan termasuk makanan, akan tetapi minuman ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk manfaatnya yang bisa menangkal peradangan yang diakibatkan duduk terlalu lama. Teh hijau juga bisa mengurangi resiko terkena obesitas akibat kurang gerak.

Berita Terkini :