7 Alasan Kenapa Smartphone Dengan RAM 8GB Tidak Diperlukan Saat Ini

7 Alasan Kenapa Smartphone Dengan RAM 8GB Tidak Diperlukan Saat Ini

Duniabola99 -  Smartphone dengan RAM 6GB perlahan telah menjadi sebuah standar baru. Apalagi semenjak Asus meluncurkan smartphone dengan RAM 6GB termurah saat ini, ZenFone Max Pro M1. Tren smartphone dengan RAM 6GB semakin populer. Namun, dunia teknologi selalu berkembang dan kali ini produsen smartphone mulai mengenalkan tren smartphone dengan RAM 8GB.

Kita bisa membayangkan sehebat apa smartphone dengan RAM 8GB, pastinya kita bisa menjalankan semua aplikasi dan gameyang ada di Play Store. Bukan hanya itu, kita juga bisa melakukan aktivitas layaknya menggunakan PC atau Laptop.

Sekilas memang terdengar sangat menggiurkan. Namun, ada sebuah pertanyaan harus kita jawab bersama. Apakah saat ini kita memerlukan RAM sebesar itu? Jawabannya adalah Tidak dan Inilah 7 alasan kenapa kita tidak memerlukan RAM 8GB di smartphone.

7 Alasan Kenapa Smartphone Dengan RAM 8GB Tidak Diperlukan

1. Belum Ada Aplikasi dan Game yang Memerlukan RAM 8GB

Hingga saat ini untuk menjalankan sebuah aplikasi ataupun game kita tidak memerlukan RAM hingga 8GB. Bahkan game terberat saat ini yaitu ARK: Survival Evolved Mobile, Modern Combat 5: Blackout, dan game lainnya masih bisa berjalan lancar di smartphone dengan RAM 6GB.

Sedangkan untuk menjalankan aplikasi AR dan VR, smartphone dengan RAM 4GB sudah mampu menjalankannya dengan lancar. Jadi buat apa beli RAM besar-besar tetapi ujung-ujungnya nggak terlalu berguna, kecuali kamu punya uang lebih.

2. Ponsel Terbaik di Dunia Cenderung Memiliki RAM Lebih Kecil

Siapa yang tidak kenal smartphone terbaik di dunia, iPhone X dan Samsung Galaxy S9. Kedua smartphone tersebut selalu membawa RAM standar, tidak besar dan tidak terlalu kecil. iPhone X hanya menyediakan RAM 3GB dan Galaxy S9 mempunyai RAM 4GB, kecuali Galaxy S9+ yang membawa RAM sebesar 6GB.

3. RAM Bukan Segalanya

Apa arti dari bukan segalanya? Yap, kamu tahu sendiri sebuah smartphone tidak hanya terdiri dari RAM saja, tapi ada Prosesor, Storage, Layar, dan Baterai. Keempat unsur tersebut sangat berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.

Jadi, walaupun smartphone kamu memiliki RAM 8GB tetapi smartphone tersebut memiliki prosesor mid-end, layar lebar dan baterai kecil, pasti smartphone tersebut akan berjalan lambat. Jadi, ingat ya RAM bukan segalanya bagi sebuah smartphone.

4. Orang Cenderung Sering Mengganti Ponsel

Seperti yang kamu tahu, dunia teknologi memang selalu berkembang setiap waktunya, baik itu dari sektor hardware maupun sektor fitur atau software. Dan inilah salah satu sebab smartphone dengan RAM 8GB tidak begitu berguna, apa hubungannya dengan perkembangan teknologi?

Ya, karena teknologi baru juga memerlukan perangkat atau smartphone keluaran baru. Misalnya, dulu kita tidak mengenal VR (virtual reality) dan sekarang kita mengenal teknologi VR. Sudah barang tentu, smartphone zaman dulu tidak akan mendukung teknologi tersebut.

Dan itulah sebab kenapa seseorang sering mengganti smartphone mereka, apalagi kalau bukan teknologi yang semakin canggih dan berguna.

5. RAM 8GB Hanya Sebuah Strategi Pasar

Jika diingat-ingat, tahun lalu kita juga dikejutkan dengan hadirnya smartphone dengan RAM 6GB. Lalu apa ya terjadi? Iya, itu semua hanya strategi pasar, saat itu hanya sedikit orang yang tertarik untuk membeli smartphone dengan RAM 6GB.

Hal tersebut sama halnya apa yang terjadi di tahun ini, dimana ada smartphone yang menghadirkan RAM sebesar 8GB. Namun, sejatinya kita belum membutuhkan smartphone dengan RAM sebesar itu. Jadi cerdas-cerdaslah dalam memilih spesifikasi ya, guys.

6. Sebagian Besar Orang Tidak Akan Merasakan Perbedaan Antara RAM 6GB dengan RAM 8GB

Ada sebuah pertanyaan kecil untuk kamu yang ingin membeli smartphone dengan RAM 8GB, digunakan untuk apa smartphone RAM 8GB tersebut? Jika jawabannya adalah untuk membuka sosial media, menonton YouTube, menonton film, bermain game ringan atau cuman untuk kepentingan browsing. Maka saya sarankan untuk tidak membeli smartphone itu.

Karena kamu tidak akan pernah merasakan berbedaan antara menggunakan RAM 6GB atau RAM 8GB saat menggunakan smartphone tersebut. Kecuali jika kamu seseorang gamer berat, smartphone dengan RAM 8GB mungkin sedikit berguna untuk kamu.

7. Harga Smartphone Dengan RAM 8GB Sangat Mahal

Semakin besar sebuah RAM pasti harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Jika kita mengingat ke-6 poin diatas, rasanya berat untuk mengeluarkan dana besar hanya untuk mengikuti tren. Daripada kamu membeli smartphone dengan RAM super besar, lebih baik kamu tabung uang tersebut untuk smartphone yang menghadirkan teknologi baru dimasa depan nanti.

Penulis Artikel

sanjaya novarina

sanjaya novarina

pernah sekali ingin memiliki tpi apa daya belum ada jodohnya :) , kalo kehendak tuhan semoga dapat jodoh yg pas di hati
Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.