PREDIKSI SCORE

Complete Guide Mobile Legends: Hero Saber

Duniabola99.com – Complete Guide Mobile Legends kali ini akan membahas tentang hero Saber. Seperti yang kita ketahui, hero Saber di patch sebelumnya mengalami nerf pada skill Flying Sword-nya. Hal ini membuat sebagian pemain Saber kecewa, apalagi mengingat hero Saber merupakan hero yang sering sekali terkena nerf oleh pihak Moonton.

Menurut saya, nerf kali ini tidak berpengaruh besar terhadap Role yang dimiliki oleh Saber. Nerf tersebut hanyalah mengurangi Spell Vamp/lifesteal yang dihasilkan oleh skill Flying Sword sebesar 60% atau menjadi 40% saja. Hero Saber masih menjadi hero pilihan yang sangat bagus untuk team! Hal ini karena, belum ada hero lain yang dapat menggantikan posisinya sebagai ganker secepat dia.

Hero Saber ini salah satu hero dari beberapa hero saja yang dapat menghentikan pergerakkan hero yang sangat lincah seperti Zilong, Fanny, Harley, Hayabusa, dan sebagainya. Dalam pertempuran dengan tim lawan, skill Flying Sword dan Enemy’s Bane (skill passive) dapat mengurangi armor semua hero musuh!

Belum lagi, bisa kamu tambahkan dengan efek item Blade of the 7 Seas. Hal ini membuat musuh mengalami penurunan pertahanan yang sangat besar dan pastinya berdampak besar pada hasil pertempurannya.

Bagi kamu yang masih tertarik dan ingin belajar lebih lagi mengenai hero Saber, maka kali ini saya membagikan Complete Guide Mobile Legends mengenai Hero Saber. Seperti sebelumnya, Complete Guide Mobile Legends ini akan membahas tentang Role, Laning, Battle Spell, Counter Hero, dan Item yang tepat untuk hero Saber.

Langsung saja, untuk mengetahui lebih lanjut tentang hero Saber, simak penjelasan berikut ini.

Role

Role yang dimiliki hero Saber tentu saja adalah ganker dan charger. Semua skill yang dimilikinya sangatlah cocok untuk meng-ganking musuh. Dulunya, skill ultimate yang dimilikinya memiliki range yang sangat jauh. Tetapi dikarenakan terkena nerf, skill ultimate-nya sekarang ini memiliki range yang sangat dekat/pendek.

Untuk itu, sekarang ini kamu harus menggunakan skill Charge-nya terlebih dahulu untuk mendekati musuh lalu baru mengeluarkan skill ultimate-nya.

Combo Saber ada dua macam, yang pertama adalah sebagai berikut: Skill pertama, skill ultimate, lalu mengejar musuh dengan skill kedua. Combo yang kedua adalah sebagai berikut: Skill kedua, skill ultimate, setelah selesai skill ultimate langsung keluarkan skill pertama.

Combo pertama bisa kamu lakukan pada saat kamu di laning, dimana kamu berhadapan dengan musuh secara langsung. Nah, Combo yang kedua ini sangat cocok digunakan ketika kamu melakukan ganking secara sembunyi-sembunyi!

Tidak mungkinkan kamu mengeluarkan/menjulurkan Flying Sword dulu lalu menghampiri musuh? Pasti kamu akan ketahuan dan menyempatkan musuh untuk kabur.

Prioritas target utama dari hero Saber adalah Mage atau Marksman musuh! Jangan sekali-sekali menggunakan Combo tersebut ke Tank sendirian kecuali terdapat follow up/damage yang cukup untuk menghabisi Tank tersebut bersama team-mu.

Laning

Menurut saya, Laning paling tepat untuk Saber adalah Tri-Lane di Turtle’s Lane. Dengan melakukan Tri-Laner, kamu dapat lebih fokus ke ganking lane lain, sementara dua teman Lane kamu dapat menjaga lane-nya. Selain itu, kamu juga dapat menghabisi Turtle dengan mudah bersama kedua teman lainnya.

Tri-Lane Saber juga cukup kuat, karena kamu bisa mengurangi armor musuh menggunakan skill pertamamu! Hal ini tidak hanya memperkuat seranganmu kepada musuh tetapi juga membantu temanmu untuk dapat memenangkan pertempuran 3v3 atau 3v2 di Lane.

Hero Saber sebenarnya bisa juga melakukan solo di Mid atau Lord’s Lane. Tetapi jika kamu ingin melakukan Solo, saya rekomendasikan mengambil jalur Mid dan jangan Lord’s Lane! Mengapa? Karena tujuan Lord’s Lane tidak berjalan lurus dengan Role yang dimiliki Saber! Sedangkan jika kamu Mid, kamu akan dapat mudah sekali melakukan ganking ke Lane lain!

Battle Spell

  • Retribution : Jika kamu melakukan Solo Laning, maka saya rekomendasikan kamu menggunakan Retribution untuk dapat melakukan fast farming dan segera melakukan ganking.
  • Petrify : Dikarenakan hero Saber adalah hero disabler yang dapat menghampiri musuh dengan mudah, maka Petrify adalah Battle Spell yang sangat cocok digunakan olehnya! Ia akan mendapatkan tambahan skill stun yang sangat berguna untuk menjalankan Role-nya!

Counter Hero

Counter dari hero Saber untuk saat ini adalah hero Digger! Skill Ultimate Digger dapat menggagalkan efek disabler dari hero Saber. Hal ini membuat skill ultimate hero Saber sedikit tidak berguna. Tetapi meskipun ultimate Saber digagalkan, Flying Sword berserta efek pengurangan armor masih tetap berkerja.

Selain Digger, kamu harus hati-hati dengan hero Kagura! Ia dapat dengan mudah menghilangkan efek airbone/disabler Ultimate kamu menggunakan skill keduanya! Setelah itu, Kagura dapat dengan mudah menghabisimu menggunakan combo yang dimilikinya. Meskipun kamu memiliki skill Charge, hal itu tidak akan cukup menghindari semua skill mengerikan yang dimilikinya!

Gear

Untuk dapat meningkatkan level dengan cepat di awal permainan, maka kamu membutuhkan item jungle! Setelah itu, kamu bisa meng-upgrade item tersebut menjadi Nimble Blade atau Pillager Axe nantinya.

Setelah itu, kamu dapat build item seperti gambar di atas, simak penjelasannya sebagai berikut:

  • Bloodlust Axe : Meskipun terkena efek Spell Vamp-nya terkena nerf, item ini masih bagus untuk digunakan oleh Saber. Lagipula, item ini tidak hanya menawarkan Spell Vamp saja, tetapi juga dapat mengurangi cooldown skill.
  • Magic Shoes : Item sepatu yang dapat mengurangi cooldown skill, di mana hal tersebut sangat cocok untuk hero Saber.
  • Rose Gold Meteor : Seperti yang saya katakan, saat ini kamu dipaksa menggunakan skill Charge terlebih dahulu sebelum mengeluarkan ultimate. Hal tersebut membuat kamu kesulitan untuk kabur setelah berhasil mengeluarkan Combo. Maka dari itu, kamu harus memiliki item pertahanan yang dapat mengurangi resiko kematian! Salah satunya item Rose Gold Meteor.
  • Blade of the 7 Seas : Skill Flying Sword-mu dapat men-trigger efek yang dimiliki item ini! Di mana efek tersebut berjalan lurus dengan skill passive Saber juga!
  • Immortality : Resiko kematian hero Saber sangat meningkat seiring dengan nerf yang selalu menghampirinya. Maka dari itu, kamu juga memerlukan item pertahanan yang dapat memberikan kamu kesempatan hidup lagi setelah mati.
  • Blade of Despair : Item terakhir yang paling cocok digunakan oleh Saber untuk dapat meningkatkan DPS-nya adalah Blade of Despair. Hal ini karena, item ini merupakan item penambah Physical Attack terbesar di game Mobile Legends.

Alternative Gear

Item berikut adalah item alternatif yang bisa kamu gunakan ketika menghadapi hero tertentu atau kondisi tertentu:

Deadly Blade 

Item alternatif kedua dari Complete Guide Mobile Legends kali ini adalah Deadly Blade. Jika terdapat beberapa hero musuh yang memiliki lifesteal atau healer yang besar, maka item ini adalah item wajib yang harus kamu beli.

Endless Battle

Menurut saya, item ini tidak jelek juga untuk digunakan oleh Saber. Item ini dapat menambah movespeed dan sekaligus lifesteal ke hero Saber.

Hunter Strike

Item ini memiliki status Physical Attack yang tinggi, selain itu juga dapat mengurangi cooldown skill! Salah satu item yang cocok digunakan oleh Saber juga! Jika kamu merasa lifesteal dari Bloodlust Axe kurang berguna, kamu bisa menggantinya dengan item ini.

Brute Force Breastplate

Jika team musuh memiliki komposisi hero yang dominan pada serangan fisik, kamu bisa mengganti Immortality dengan item ini! Selain menambah armor dan HP, item ini dapat meningkatkan movespeed dan Physical Attack-mu!

Itulah Complete Guide Mobile Legends mengenai Hero Saber! Selamat mencoba!