Ginseng Racikan untuk Miras Oplosan, Apa Itu?

Ginseng Racikan untuk Miras Oplosan, Apa Itu?

Duniabola99 – Ginseng racikan untuk miras oplosan, turut meramaikan pemberitaan yang belakangan ini ramai di Indonesia. Seperti yang terjadi di Bekasi misalnya, seorang pemuda bernama Arifin bin Mardani tewas karena menenggak minuman tersebut.

Kesedihan masih menyelimuti keluarga Arifin di kawasan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Dilansir Duniabola99.com, Arifin tewas usai menenggak miras oplosan jenis ginseng racikan bersama lima rekannya.

Korban tewas lainnya adalah Muhamad Ridwan. Sementara empat rekan Arifin yang lain masih mendapatkan perawatan intensif.

Selain di Bekasi, korban tewas akibat minuman keras oplosan lainnya terdapat di kawasan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Darmawan Kusuma alias Wawan, meregang nyawa usai meminum minuman keras oplosan beberapa waktu lalu. Korban sempat dibawa ke rumah sakit karena mengeluh sesak napas, hingga akhirnya tak tertolong dan meninggal dunia.

Dalam kurun waktu beberapa minggu terakhir, korban miras oplosan berbagai jenis racikan, salah satunya “ginseng”, berjatuhan di sejumlah wilayah Indonesia. Kasus tersebut utamanya terjadi di Pulau Jawa. Meski demikian tak menutup kemungkinan daerah lain mengalami hal yang sama, namun tak terekspos.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung menyatakan jumlah korban tewas akibat miras oplosan berjenis ginseng racikan di Cicalengka mencapai puluhan orang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinkes Kabupaten Bandung, Achmad Kustijadi.

“Meninggal 41, sedangkan kasusnya 129 yang sudah melaporkan,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Achmad Kustijadi saat dihubungi Duniabola99.com pada Selasa (10/4) kemarin.

Achmad mengatakan, Pemkab Bandung telah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) situasional terhadap kasus miras oplosan yang merenggut puluhan nyawa di Kabupaten Bandung. Penetapan ini didasari fakta akan terus bertambahnya penderita keracunan miras di Cicalengka dan sekitarnya.

Bahaya miras oplosan berjenis ginseng racikan

Sudah sejak lama ginseng dipakai untuk membantu mengatasi berbagai kondisi medis. Orang percaya bahwa ginseng memiliki banyak khasiat, antara lain menaikkan stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan stres, hingga menangani insomnia.

Ginseng juga kaya akan asam folat, besi, mineral, serta enzim. Kandungan vitamin di dalam ginseng pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C. Namun sebaik apa pun kandungan ginseng (asli), jika dicampur dengan kandungan lain yang berbahaya, tentu akan membahayakan kesehatan.

Berbeda dengan ginseng yang diambil dari tumbuhan dan bermanfaat bagi kesehatan, miras oplosan berjenis ginseng racikan tak memberikan manfaat tersebut sama sekali. Bahkan, ginseng racikan sendiri sebetulnya tidak mengandung ginseng asli sama sekali.

Komposisi ginseng racikan pun bermacam-macam. Jenis yang populer adalah campuran air, alkohol 70 persen, pasta kue, dan beragam perasa sintetik sesuai kebutuhan, misalnya rasa pisang, jeruk, atau nangka. Dir Narkoba Polda Jabar, Kombes Enggar Pareanom, menjelaskan cara pengemasannya.

“Bentuknya dalam botol plastik, dijual per botol Rp20 ribu,” kata Enggar, dikutip dari Duniabola99.com.

Berdasarkan pengakuan salah seorang saksi, 10 menit setelah minum efek yang terasa dari meminum miras gingseng, bisa membuat pusing. Selanjutnya, peminum akan mengalami sejumlah fase keracunan yang buntutnya bisa berakibat kematian.

Nah, sudah tahu, kan, bahaya ginseng racikan untuk miras oplosan? Hindari mengonsumsi minuman mematikan ini. Korban yang berjatuhan disebut akan terus bertambah sampai jumlah yang tak dapat ditentukan. Karena itu, jauhilah dari sekarang!

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.