Ini Tuntutan Konsumen Nissan Elgrand yang Tidak Dilengkapi Ban Serep

Ini Tuntutan Konsumen Nissan Elgrand yang Tidak Dilengkapi Ban Serep

Duniabola99.net – Tiga orang pemilik Nissan Elgrand ini menggugat PT Nissan Motor Indonesia. Sebabnya, Elgrand yang dibelinya tidak dilengkapi dengan ban cadangan.

Ketiga penggugat itu adalah David Tobing, Agus Soetopo, dan Dessy Tiurlan Sagala. Gugatan yang terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan Nomor Register 317/PDT.G/2018/PN.JKT.PST diajukan setelah Para Penggugat merasa dirugikan karena mobil Merek Nissan Tipe Elgrand 2.5 HIGHWAY STAR (4X2) A/T milik mereka tidak dilengkapi ban cadangan serta tempat ban cadangan.

David mengatakan, pemilik Elgrand itu berpotensi mengalami kerugian (bisa ditilang). Sebab, dalam undang-undang diatur bahwa sebuah mobil yang beredar di jalan raya harus dilengkapi dengan ban serep.

“Para Tergugat juga telah menyebabkan Para Penggugat berpotensi mengalami kerugian (potential loss) karena apabila Para Penggugat mengemudikan Kendaraan tersebut di Jalan Para Penggugat dapat dijatuhi pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) sebagaimana diatur dalam Pasal 57 ayat (1) jo. Pasal 57 ayat (3) jis. Pasal 278 UU Lalu Lintas,” kata David.

Tak cuma pihak Nissan, ketiga konsumen Elgrand ini juga menggugat Kementerian Perhubungan. Sebab, kata David, kementerian terkait itu sudah meloloskan uji tipe Nissan Elgrand padahal tidak dilengkapi ban serep.’

“Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan telah mewajibkan kepada pihak yang membuat, merakit, dan/atau mengimpor kendaraan motor secara massal untuk melakukan Uji tipe terhadap fisik atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa kendaraan bermotor. Bahwa komponen-komponen yang harus dipenuhi dalam uji tipe tersebut meliputi keberadaan ban cadangan dan tempat ban cadangan,” kata David.

Dalam petitumnya, konsumen Nissan Elgrand yang menggugat meminta kepada Majelis Hakim antara lain untuk:

  1. menyatakan Para Tergugat telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum.

  2. Memerintahkan Menteri Perhubungan untuk membatalkan Sertifikat Uji Tipe terhadap Mobil Merek Nissan Tipe Elgrand 2.5 HIGHWAY STAR (4X2) A/T.

  3. Menghukum PT Nissan Motor Distributor Indonesia dan PT Nissan Motor Indonesia secara tanggung renteng untuk mengembalikan kepada Penggugat I, Penggugat II, dan Penggugat III berupa uang masing-masing sebesar Rp830.000.000 (delapan ratus tiga puluh juta rupiah) dan memerintahkan kepada Para Penggugat untuk mengembalikan mobil tersebut kepada PT Nissan Motor Distributor Indonesia dan PT Nissan Motor Indonesia.

**Baca Juga: **

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.