TECHNO

Jadi Nomor Dua di Indonesia, Xiaomi Tumbuh 1455 Persen

Ekspansi Xiaomi yang begitu masif tampaknya tak mudah untuk dihentikan. Pabrikan smartphone asal Cina tersebut secara perlahan-lahan mulai memecahkan rekor penjualannya di banyak negara dan ini menjadi ancaman yang tak bisa dipandang remeh oleh Samsung dan Apple.

Di pasar global, Xiaomi berhasil menduduki peringkat keempat dan baru-baru ini mereka jadi pabrikan smartphone terbesar kedua di pasar Indonesia. Setidaknya itulah laporan Canalys yang turut disebarluaskan oleh Senior Vice President Xiaomi Wang Xiang.

Duduk di peringkat kedua di pasar Indonesia pada kuartal pertama tahun ini, pangsa pasar Xiaomi berada diangka 18,3 persen. Adapun unit smartphone yang berhasil didistribusikan sebanyak 1,7 juta. Namun yang tak kalah mengejutkan, Xiaomi tumbuh hingga 1455 persen dari tahun ke tahun.

Xiaomi Market di Indonesia

Jelas, ini sebuah pertumbuhan paling luar biasa yang pernah ada di pasar smartphone. Sedangkan peringkat pertama tetap dipegang oleh Samsung dengan pangsa pasar sebesar 25,5 persen dan berhasil mendistribusikan smartphone yang dikembangkannya sebanyak 2,3 juta unit.

Di tempat ketiga, Canalys mencatat ada OPPO yang berhasil mendistribusikan perangkatnya sebanyak 1,5 juta unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 16,8 persen dan di peringkat keempat ada Vivo dengan pangsa pasar sebesar 6,5 persen atau sebanyak 600 ribu unit smartphone yang berhasil dikapalkan di pasar Indonesia.

Melihat laporan dari Canalys, hanya butuh satu tahun bagi Xiaomi untuk mengalahkan OPPO dan Vivo di pasar Indonesia. Sekali lagi ini sebuah kejutan yang dilakukan oleh Xiaomi dan pastinya mereka akan terus menggedor dengan menghadirkan lebih banyak smartphone di Indonesia. Bagaimana menurut Anda?

Baca Juga :