BERITA UNIK SEKILAS BERITA

Kalajengking di ‘Pulau Surga’

duniabola99 – Beberapa negara didaulat sebagai pulau surga, karena bentang alamnya yang indah. Lain sisi, juga berbahaya karena kalajengking mematikannya.

Bertemu kalajengking saat liburan akan menjadi mimpi buruk. Bahayanya lagi, kalau kita tidak menyadari dan tersengat olehnya. Risiko paling besar adalah kematian.

Kamu harus tahu, beberapa destinasi terkenal di dunia yang dijuluki Pulau Surga ternyata tak lepas dari kalajengking. Salah satunya Kepulauan Karibia.

kepulauan Karibia yang punya pantai-pantai indah (CNN Travel)

Kepulauan Karibia berada di lepas pantai dari kawasan Amerika Tengah. Total terdapat 7 ribu pulau dengan 13 negara. Beberapa negaranya yang sudah terkenal sebagai destinasi wisata di antaranya Bahama, Kuba, Dominika dan Jamaika.

Negara-negara di Kepulauan Bahama terkenal dengan pantai pasir putih dan keindahan bawah laut. Namun dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (4/5/2018) ada bahaya yang mengintai berupa kalajengking.

Bark scorpions (iNaturalist)

Bark scorpions, kalajengking ini hidup di kawasan Kuba, Martinique, Puerto Riko, Trinidad, Hispanola dan Tobago. Sangat berbahaya jika terkena pada anak-anak dan orang lanjut usia, karena mematikan. Racunnya cukup kuat dan harus segara ditangani dengan tepat.

Sedangkan di Kuba terdapat kalajengking spesies Centruroides. Kalajengking ekor kuning Brasil pun banyak ditemui di pulau-pulau di Karibia. Sekali lagi, turis yang datang ke sana harus hati-hati.

Turis harus berhati-hati pada kalajengking (Reuters)

Kalajengking biasanya ditemui di bawah bebatuan, kulit kayu atau tanah yang gembur. Ada baiknya jika mau memakai sepatu, kamu harus cek terlebih dulu karena kalajengking suka bersembunyi di sana.

Untungnya, rumah-rumah sakit di Kepulauan Karibia sudah menyediakan Scorpion antivenom (antbisa kalajengking). Ada beberapa kalaejngking yang sengatannya tidak berbahaya, namun cukup untuk membuat badan tumbang.

Sekali lagi, tetap berhati-hati jika kamu sedang plesiran di Kepulauan Karibia. Selalu mengecek sepatu dan tempat menginap, serta lebih baik hindari aktivitas malam hari di luar ruangan karena kalajengking adalah serangga yang aktif di malam hari.