Pedasnya Sambal Welut Bikin Nagih

Pedasnya Sambal Welut Bikin Nagih

Duniabola99.com – Belut yang kaya protein merupakan santapan nikmat yang bisa diolah menjadi aneka jenis masakan. Mulai dari digoreng, ditumis, hingga dijadikan sambal.

Salah satunya adalah olah Sambal Welut Pak Sabar dari Bantul, Yogyakarta. Usaha kuliner yang berada di Jl. Imogiri Barat, Bantul, ini memang mengkhususkan menu-menu dari belut dan satu yang menjadi andalan adalah sambal welut atau sambal belut.

Yang istimewa, sambal welut ini disajikan segar karena diolah langsung ketika dipesan. Hal ini karena bumbu yang digunakan tidak melalui proses memasak lagi.

“Belut yang digoreng setengah matang dilepaskan dari durinya lalu langsung dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, kencur, daun jeruk, ditambah garam dan penyedap rasa yang ditumbuk halus,” ujar Fitri, anak pemilik usaha Sambal Welut Pak Sabar, kepada *Duniabola99.com *di Festival Jajajan Bango, ICE BSD, Tangerang.

Setelah semua bumbu tercampur rata, sambal welut pun siap disantap. Rasa pedas dan sedikit asam dari daging belut akan bertambah nikmat jika disantap dengan nasi panas.

Uniknya, resep sambal welut ini didapat melalui eksperimen sahabat Sabar yang sering mendapat belut di daerahnya. Resep ini kemudian dikembangkan oleh Sabar dengan menjualnya lewat usaha nasi kucing.

Kini, nasi kucing sambal welut beralih ke aneka masakan belut seperti belut goreng, sambal welut, dan oseng belut. Satu ons sambal welut dibanderol dengan harga Rp13 ribu.

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.