Peneliti Ini Berumur 82 Tahun Tapi Sistem Imunnya Setara 20 Tahun

Peneliti Ini Berumur 82 Tahun Tapi Sistem Imunnya Setara 20 Tahun

**Duniabola99.com–**Kita mungkin sering mendengar bahwa olahraga bisa membuat tubuh jadi lebih bugar dan tidak gampang sakit. Namun secara ilmiah sebetulnya seberapa akurat ucapan tersebut?

Peneliti dari King’s College London, Inggris, ingin membuktikannya dengan cara memeriksa data sistem imun dari sekitar 125 pesepeda jarak jauh. Hasilnya diketahui beberapa pesepeda yang sudah berusia 80 tahun bisa memiliki imunitas setara orang-orang di usia 20 tahun.

Secara spesifik peneliti melihat petunjuk sel T di dalam darah. Sel T adalah sel yang membantu imun tubuh untuk mengenali infeksi dan biasanya produksi sel akan terus berkurang seiring bertambahnya usia seseorang.

“Fungsi sistem imun kita terus berkurang sekitar 2-3 persen setiap tahun mulai dari usia 20-an. Itulah alasannya kenapa lansia akan semakin rentan terhadap masalah infeksi atau kondisi seperti rematik hingga kanker,” ujar Prof Janet Lord dari University of Birmingham seperti dikutip dari BBC, Sabtu (10/3/2018).

Nah pada pesepeda, salah satu peneliti Profesor Norman Lazarus (82) yang turut jadi sampel studi menghasilkan sel T dengan jumlah yang sama seperti orang dewasa muda usia 20-an. Menurutnya ini jadi bukti bahwa olahraga memang bermanfaat menjaga sistem imun.

“Kalau olahraga adalah sebuah pil, mungkin semua orang sudah mengonsumsinya,” kata Prof Norman.

“Ada banyak manfaat olahraga untuk fisik, pikiran, otot, dan sistem imun kita,” pungkasnya.

Do you have any presale question to ask?

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been.