GAYA

Serba-Serbi Tentang Ikat Pinggang yang Wajib Para Pria Ketahui!

Sering disepelekan banyak orang, nyatanya ikat pinggang atau belt punya peranan yang cukup esensial, lho untuk penampilan kaum Adam! Sama halnya seperti jam tangan, ikat pinggang menjadi salah satu item yang seharusnya nggak boleh dilewatkan para pria.

Mau tahu kenapa? Yuk simak serba-serbi tentang ikat pinggang yang wajib kamu ketahui berikut ini!

Asal usul ikat pinggang

ikat pinggang

Menengok pada sejarahnya, siapa sangka jika ikat pinggang telah digunakan pada pakaian pria sejak zaman perunggu! Kemudian pada masa modern yaitu pada tahun 1920-an, orang-orang pun mulai memakai aksesoris ini untuk mencegah celana panjang yang dikenakan melorot.

Sebelum itu, pada abad ke-19 dan sampai di mulainya perang dunia pertama, sabuk menjadi bagian dari dekoratif untuk melengkapi seragam militer, yang ditujukan sebagai tempat meletakkan senjata saat berperang.

Berperan ganda untuk menunjang penampilan

ikat pinggang

Bentuk pinggul pria yang berbeda dengan wanita memungkinkan kamu sering mengalami kedodoran saat memakai celana. Terutama saat mengenakan celana dengan material yang sedikit berat seperti celana jeans. Untuk itu, peran ikat pinggang sangat diperlukan untuk mengikat celana sehingga pas di pinggang.

Selain itu, peran ikat pinggang bagi pria juga berfungsi sebagai pemanis penampilan. Item yang satu ini cocok banget buat para pria yang mengaku enggan memakai aksesoris yang aneh-aneh. Untuk tampilan kasual, pilih saja ikat pinggang dengan ornamen unik pada bagian kepalanyauntuk menunjang gaya kamu.

Beda gaya, beda pula ikat pinggang yang kamu pakai

ikat pinggang

Nggak cuma berlaku untuk wanita, ikat pinggang pria juga banyak jenisnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya andalan yang kamu usung. Misalnya untuk gaya formal, maka ikat pinggang yang kamu pilih umumnya memiliki bentuk yang sederhana, rapi dan elegan. Untuk materialnya biasa terbuat dari bahan kulit asli yang berkualitas dengan desain mewah.

Sementara untuk tampilan kasual, desain dan materialnya lebih bervariasi. Mulai dari material sintetis, kanvas hingga kulit. Yang membedakan dengan sabuk bergaya formal, terletak pada bagian ‘kepala’-nya yang lebih beraneka macam, tergantung modelnya.

Tips agar ikat pinggangmu awet

ikat pinggang

Dilihat dari sejarahnya, ikat pinggang menjadi fashion item sekaligus aksesoris penting yang nggak tergerus oleh zaman, sehingga membuatnya begitu spesial. Nah, untuk sesuatu yang spesial, perawatannya juga nggak mungkin biasa-biasa saja, dong?

Agar ikat pinggangmu nggak mudah rusak dan tahan lama, kamu harus rajin membersihkannya secara berkala setelah pemakaian. Gunakanlah lap bersih dengan cairan khusus untuk membersihkan yang berbahan kulit, atau mencucinya langsung dengan sabun cuci lembut untuk sabuk berbahan kanvas.

Untuk penyimpanan, pastikan aksesoris ini dalam keadaan benar-benar kering sebelum dimasukkan dalam kotak khusus atau digantung dalam lemari!

 

Dengan membaca ulasan di atas, kini bertambah kan pengetahuanmu mengenai item yang satu ini? Nggak ada alasan lagi deh, untuk menyepelekan kehadirannya dalam setiap gaya kamu sehari-hari.

Bingung kemana harus mencari item ini dan aksesoris pria lainnya yang keren dan beda? Blibli.com punya yang kamu cari! Dapatkan beragam jenis ikat pinggang dengan material berkualitas dan harga yang terjangkau. Tunggu apa lagi, yuk segera #BlibliSekarang sebelum kehabisan!

Baca Juga :